JPNN.com

Kata Pengamat, Gaduh jika Pengganti Archandra Kader Golkar

Jumat, 19 Agustus 2016 – 14:10 WIB Kata Pengamat, Gaduh jika Pengganti Archandra Kader Golkar - JPNN.com

JAKARTA  - Pengamat politik dari Universitas Jayabaya Igor Dirgantara menyarankan Presiden Joko Widodo mencari pengganti  Archandra Tahar dari kalangan profesional, bukan asal partai politik.

“Sebaiknya Menteri ESDM yang menggantikan Arcandra Tahar adalah orang yang profesional, non partisan terhadap kelompok apa pun dan juga bukan dari parpol," kata Igor, Jumat (19/8).

Sebelumnya beredar kabar  politikus Partai Golkar yang juga Komisi VII DPR Satya Widya Yudha masuk dalam nominasi  menggantikan Arcandra. Begitu juga dengan rekan sejawatnya di Komisi VII DPR Fraksi Partai Golkar Dito Ganinduto, turut disebut-sebut masuk nominasi.

Direktur Survei dan Polling Indonesia ini mengatakan, jika menteri dari kalangan parpol tentu kondisi akan terus gaduh. Menurutnya,  perdebatan  politik panjang tidak terhindarkan terlebih jika Jokowi memilih menteri ESDM dari Golkar. 

Ini mengingat partai beringin tidak berkeringat memenangkan Jokowi saat pemilihan presiden 2014 lalu.

Karenanya, ia menegaskan, pasti akan sulit untuk meredam marahnya para pendukung Jokowi yang berkeringat waktu itu karena tiba-tiba mantan lawan politik  malah diberikan tempat.

Meskipun sebagai salah satu upaya Jokowi untuk mendapatkan dukungan politik dari Golkar, tapi secara etika politik jelas tidak fair. "Tidak adil bagi pihak yang mengawalnya sejak awal," tutur Igor.

Igor menambahkan, dengan kondisi objektif sekarang, justru  yang dibutuhkan adalah figur yang bisa merangkul semua pihak. "Mengingat sektor energi amat strategis, harus dipilih orang yang tenang, tapi terampil bekerja," kata Igor.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...