Kata Pengamat, Jokowi Takut Muncul Poros Ketiga

Kata Pengamat, Jokowi Takut Muncul Poros Ketiga
Presiden Jokowi. Foto: Yana Taryana/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Publik sampai saat ini masih yakin hanya ada dua calon presiden yang potensial maju di Pilpres 2019 yakni petahana Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Reseach and Consulting Pangi Sarwi Chaniago mengatakan, sampai sejauh ini belum ada calon alternatif atau poros ketiga selain dua nama yang sudah ada tersebut.

Dosen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta itu memprediksi jika nanti Jokowi dan Prabowo akan bertanding, maka sudah hampir dipastikan sang petahana yang akan memenangkan pertarungan.

"Cuma kalau head to head antara Prabowo dan Jokowi, tutup mata saja, saya yakin Jokowi pemenangnya," kata Pangi, Jumat (15/12).

Pria yang karib disapa Ipang itu mengatakan sebenarnya Jokowi khawatir jika ada poros ketiga.

Hanya saja sampai saat ini Ipang melihat belum ada tanda-tanda lahirnya poros ketiga yang bakal menjadi pesaing Jokowi dan Prabowo.

"Sekarang masih bipolar hanya ada dua kutub berdasarkan hasil berbagai survei. Padahal, yang berbahaya dan ditakuti Jokowi itu adanya poros ketiga," ungkapnya.

Nah, Ipang menjelaskan, presidential threshold (PT) di Undang-undang Pemilu yang besar, tentu akan menguntungkan Jokowi.

Jika Pilpres 2019 mendatang hanya muncul dua capres saja, yakni Jokowi dan Prabowo, maka sudah pasti petahana menang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News