Kaukus Sumatera Terbentuk, Dorong Pemerintah Selesaikan Pembangunan Infrastruktur

Kaukus Sumatera Terbentuk, Dorong Pemerintah Selesaikan Pembangunan Infrastruktur
Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamuddin. Foto: Humas DPD.

jpnn.com, KEPULAUAN SERIBU - Anggota DPD RI Sub Wilayah Barat I menyepakati pembentukan Kaukus Sumatera.

Kaukus ini menjadi wadah perjuangan regional dalam mengawal aspirasi rakyat Sumatera.

"Kaukus ini akan mendorong pemerintah untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur di kawasan Sumatera dan mengoneksikan dengan daerah-daerah yang belum terkoneksi," kata Wakil Ketua DPD RI Sultan B. Najamuddin dalam Rapat Koordinasi Anggota Sub Wilayah Barat I di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Jumat (15/1).

Sultan mengatakan kawasan Sumatera mempunyai banyak keunggulan. Setiap anggota DPD RI asal Pulau Sumatera pasti memiliki gagasan atau pemikiran tentang pengembangan daerah pemilihannya.

Karena itu, Sultan berharap rakor ini dapat menginventarisasi masalah-masalah yang ada di kawasan Sumatera. Selanjutnya, menghasilkan rekomendasi bersama yang bersifat implementatif.

"Ini merupakan momentum untuk mengeksplor semua wacana, ide serta gagasan dalam agenda menjembatani kepentingan daerah serta kepentingan lembaga," ujarnya.

Menurutnya, Kaukus Sumatera ini akan didorong agar dapat berperan untuk menyinergikan kerja-kerja koordinasi lebih luas dengan membawa isu-isu yang tidak hanya bersifat lokal provinsi, tetapi kebijakan lintas batas antar wilayah se-Sumatera.

Sultan menambahkan pertemuan ini memberikan sejumlah gagasan, antara lain mendorong pemerintah dan pihak terkait untuk mengintegrasikan pariwisata terpadu se-Pulau Sumatera, dengan menonjolkan potensi daerah masing-masing. Selain itu, membangun konektivitas dalam aspek transportasi baik darat, udara maupun laut.

Sultan mengatakan kawasan Sumatera mempunyai banyak keunggulan. Kaukus diharapkan bisa mengeksplor semuanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News