Kawal Kegiatan Presiden dan Wapres, TNI AL Mengerahkan 4 KRI di Perairan Jakarta Utara

Kawal Kegiatan Presiden dan Wapres, TNI AL Mengerahkan 4 KRI di Perairan Jakarta Utara
KRI berpatroli di perairan utara Jakarta untuk mengamankan kegiatan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Jakarta, Senin (15/5/2023). (ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AL)

jpnn.com - JAKARTA - TNI AL mengerahkan empat kapal perang Republik Indonesia (KRI) di perairan Jakarta Utara untuk mengamankan agenda kegiatan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Presiden Jokowi dijadwalkan memimpin kegiatan Penanaman Mangrove Nasional di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Senin. 

Adapun Wakil Presiden Ma’ruf Amin diagendakan meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

"TNI AL akan selalu siap dalam melaksanakan tugas yang diberikan dengan meningkatkan kesiapan operasional baik alutsista (alat utama sistem senjata) maupun satuan operasi," kata Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali di Jakarta, Senin (15/5).

Adapun empat KRI tersebut, yaitu KRI Kujang-642, KRI Karotang-872, KRI Barakuda-814, dan KRI Siwar-646. Selain itu, disiagakan pula Sea Raider dari Detasemen Jalamangkara (Denjaka), Komando Pasukan Katak, dan Batalyon Intai Amfibi (Taifib) TNI AL.

Untuk penanaman bakau atau mangrove, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono meninjau langsung gladi bersih kegiatan itu di Taman Wisata Alam (TWA) Angke, Jakarta Utara, Minggu (14/5). Kegiatan tanam bakau itu terpusat di Blok D TWA Angke dan diikuti oleh anggota TNI dan Polri, mahasiswa, pelajar, serta perwakilan masyarakat.

"Penanaman secara serentak yang dilaksanakan dari Sabang sampai Merauke bertujuan agar laut menjadi subur dan terhindar dari abrasi, serta menyebarluaskan dan memberi contoh bahwa kita juga mampu melaksanakan penanaman mangrove tersebut," kata Yudo.

Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin meresmikan 68 Kampung Bahari Nusantara secara serentak dari Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

TNI AL mengerahkan 4 KRI di perairan Jakarta Utara untuk mengawal kegiatan Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News