KawalPemilu – Jaga Suara 2019 Apresiasi Antusiasme Publik Upload Foto C1 Plano

KawalPemilu – Jaga Suara 2019 Apresiasi Antusiasme Publik Upload Foto C1 Plano
Kotak Suara Pemilu 2019. Foto ilustrasi. pojoksatu

jpnn.com, JAKARTA - Setelah menginput data lebih dari 1,7 juta foto, baik C1 plano yang di-upload oleh publik, C1 plano dan salinan dari Bawaslu, C1 salinan dari kantor-kantor kelurahan maupun hasil scan salinan C1 dari KPU, KawalPemilu – Jaga Suara 2019 mengumumkan hasil real count di perolehan suara 78.610.984 (55,21 persen) untuk pasangan Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin dan 63.770.487 (44,79 persen) untuk pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. Hasil ini konsisten dengan berbagai lembaga hitung cepat, Situng KPU maupun hasil penetapan KPU melalui rekapitulasi manual berjenjang.

Penggagas KawalPemilu.org Ainun Najib menyampaikan perolehan suara yang sudah terhitung berasal dari 92,90 persen TPS, dengan perbedaan jumlah suara hampir 15 juta antara Paslon 01 dan Paslon 02. “Penghitungan suara di situs kami sudah sampai di titik di mana menghitung suara sampai 100 persen tidak akan mengubah hasil akhir Pilpres 2019,” kata Ainun Najib dalam keterangan persnya, Rabu (22/5).

BACA JUGA: Ramses: Gerakan People Power, Pembangkangan Terhadap Negara

Lebih lanjut, Ainun menyambut gembira antusiasme publik untuk meng-upload foto C1 Plano dari TPS. “Ajakan ke publik untuk meng-upload foto C1 plano dari TPS masing-masing belum pernah dicoba sebelumnya dalam skala nasional, dan kami senang melihat antusiasme publik untuk berpartisipasi cukup besar. Untuk itu, kami memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada segenap relawan yang meluangkan waktunya untuk meng-upload foto, mendigitisasi data, sampai membandingkan data yang diperoleh dengan angka di Situng KPU sehingga perbedaan dapat dilaporkan ke KPU untuk ditindaklanjuti,” kata Ainun melanjutkan.

Saat ini, Tim KawalPemilu – Jaga Suara 2019 masih meneruskan digitisasi data dan verifikasi laporan kesalahan untuk memastikan semua laporan dan upload yang masuk tervalidasi. Kesempatan untuk upload foto C1 plano atau C1 salinan dari kantor kelurahan ke situs upload.kawalpemilu.org juga masih terbuka bagi publik, untuk melengkapi TPS-TPS yang datanya belum ada.

Sementara itu, salah satu pendiri dan peneliti senior Netgrit Hadar Nafis Gumay menyampaikan dengan didukung lebih dari 40.000 relawan dan 700 moderator data yang tersebar di Indonesia dan berbagai negara, selama 4 minggu lebih KawalPemilu memproses foto C1 plano 44.156 Lembar 1 dan dan 166.666 Lembar 2 dari publik serta Bawaslu. Kemudian membandingkan angkanya dengan 744.217 salinan C1 lembar 1 dan dan 759.750 lembar 2 yang mayoritas didapatkan dari Situng KPU.

“Penghargaan setinggi-tingginya juga kami sampaikan kepada para penyelenggara pemilu yang menyelesaikan tugas dengan dedikasi tinggi, dan menetapkan hasil Pemilu dalam jangka waktu yang tersedia,” kata Hadar.(fri/jpnn)


KawalPemilu - Jaga Suara 2019 menyampaikan penghargaan setinggi-tingginyakepada para penyelenggara pemilu yang menyelesaikan tugas dengan dedikasi tinggi, dan menetapkan hasil Pemilu dalam jangka waktu yang tersedia.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News