JPNN.com

Kaya akan Nutrisi, Ini 3 Khasiat Lengkuas

Rabu, 06 Maret 2019 – 22:07 WIB
Kaya akan Nutrisi, Ini 3 Khasiat Lengkuas - JPNN.com

jpnn.com - Tak hanya membuat masakan jadi lebih sedap, lengkuas juga dipercaya sebagai obat. Salah satu khasiat lengkuas adalah untuk menyehatkan usus.

Dilansir dari Mind Body Green, lengkuas bisa dibuat menjadi rebusan kaldu untuk mendapatkan khasiatnya. Lengkuas merupakan bagian dari tanaman akar-akaran, keluarga tanaman yang sama dengan jahe. Tidak seperti jahe, lengkuas hanya bisa diiris, tidak diparut, karena bagian luarnya lebih keras.

Lengkuas juga memiliki rasa yang jauh lebih kuat daripada rasa pedas jahe. Lengkuas juga disebut sebagai jahe Thailand karena popularitasnya, yang telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan ayurveda serta obat-obatan dalam budaya Asia lainnya. 

Baca juga: 5 Bumbu Dapur Ini Manjur untuk Menjaga Kesehatan Anda

Lengkuas memiliki kolagen dan nutrisi lain yang cocok dengan senyawa kuat lainnya yang bekerja untuk menyembuhkan usus melalui berbagai cara. Apa saja khasiatnya?

1. Anti-inflamasi

Peradangan adalah penyebab sekaligus efek kesehatan usus yang buruk. Beberapa penelitian telah menunjukkan kemampuan lengkuas untuk menenangkan peradangan di seluruh tubuh dengan menurunkan sitokin pro-inflamasi IL-6 dan jalur inflamasi NF-kb karena kandungan fitonutriennya.

Baca juga: 4 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...