KBRI London Pastikan Perlindungan PMI Musiman di Inggris

KBRI London Pastikan Perlindungan PMI Musiman di Inggris
Pekerja migran Indonesia (PMI) ke Malaysia. Ilustrasi: Ogen/Antara

jpnn.com, LONDON - Kedutaan Besar RI di London menyatakan akan memastikan pelindungan bagi para pekerja migran musiman asal Indonesia yang bekerja di perkebunan di Inggris.

Sebelumnya dilaporkan bahwa sejumlah pekerja migran musiman asal Indonesia yang bekerja di perkebunan di wilayah Kent, Inggris mengalami kesulitan, termasuk dalam hal pemenuhan hak-hak finansial.

Para pekerja migran musiman itu disebutkan berangkat ke Inggris dengan jasa penyalur tenaga kerja tidak resmi (unlicensed foreign brokers) di Indonesia, seperti disampaikan dalam keterangan KBRI London pada Rabu.

Menanggapi kondisi tersebut, KBRI London turun tangan guna memastikan terpenuhinya hak-hak para pekerja migran Indonesia di Inggris.

KBRI London pun telah melakukan sejumlah langkah terpadu bersama Kementerian Luar Negeri, Kementerian Ketenagakerjaan, dan BP2MI, salah satunya untuk meninjau langsung dan berdialog dengan para pekerja migran Indonesia yang bekerja di perkebunan di Inggris.

Selain itu, pihak KBRI London juga berkunjung dan berdiskusi dengan pemilik serta manajemen perkebunan, membentuk satuan tugas khusus KBRI untuk penanganan pekerja migran musiman, serta mengawal pemulangan para pekerja migran pada saat berakhirnya masa kontrak.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Inggris dan pihak terkait lainnya untuk memastikan upaya perlindungan hak-hak para pekerja migran dimaksud," demikian keterangan KBRI London dalam pernyataannya.

Selanjutnya, KBRI London juga memastikan untuk terus berkomunikasi secara berkala dengan para pekerja migran Indonesia dan memastikan ketersediaan hotline kekonsuleran seluas-luasnya apabila terdapat pertanyaan atau panggilan darurat yang masuk dari pekerja migran Indonesia.

KBRI London telah membentuk satuan tugas khusus untuk penanganan PMI musiman di Inggris

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News