KBRI Sering Dapat Protes Lindungi WNI

KBRI Sering Dapat Protes Lindungi WNI
KBRI Sering Dapat Protes Lindungi WNI
JAKARTA- Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa membantah bila disebut tidak peduli dengan nasib para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di Luar Negeri (LN). Justru pemerintah melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang berada di LN sering mendapat protes dari negara-negara internasional, karena sering menyalahgunakan gedung perkantoran KBRI sebagai tempat perlindungan.

           

Marty mengatakan, sejak 2010 seluruh gedung kantor KBRI di berbagai belahan dunia telah menjadi tempat perlindungan bagi sekitar 15.766 orang WNI.

"Silahkan lihat datanya, silahkan dibandingkan dengan negara-negara lainnya. Kemlu bahkan sering mendapat protes dari negara di mana KBRI ada, karena tidak boleh gedung kantor dibuka menjadi tempat perlindungan. Tapi semua protes itu kita abaikan," kata Marty Natalegawa kepada wartawan di Istana Presiden, Kamis (23/6).

Ditambahkan, dalam menjalankan tugas perlindungan di LN pemerintah tidak pernah membedakan WNI siapapun. "Baik tenaga kerja, pelajar, mahasiswa atau lainnya. Semua tetap wajib diberikan perlindungan, bahkan termasuk pelaku tindak pidana hukum," tambah Marty lagi.

JAKARTA- Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa membantah bila disebut tidak peduli dengan nasib para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di Luar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News