Ke Universitas Al-Azhar ketika ''Azhari'' Indonesia Bermasalah (1)

Tiba di Kampus Seminggu sebelum Ujian

Ke Universitas Al-Azhar ketika ''Azhari'' Indonesia Bermasalah (1)
Foto : Kardono Setyorahmadi/Jawa Pos
Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir, masih menjadi favorit bagi calon mahasiswa Indonesia yang ingin memperdalam jurusan agama di luar negeri. Namun, baru kali ini proses perekrutannya berlangsung semrawut. Akibatnya, nasib puluhan mahasiswa pun terkatung-katung. Berikut laporan KARDONO SETYORAHMADI yang baru tiba dari Kairo, Mesir.

BANGGA sekaligus kecewa. Itulah yang kini dirasakan Fauzan, bukan nama sebenarnya, yang kini menjadi mahasiswa tahun pertama di Universitas Al-Azhar. Saat ditemui Jawa Pos di flat yang menjadi tempat tinggal mahasiswa Indonesia di kawasan El-Asyir, dekat Kampus Al-Azhar di Kairo, pemuda itu pesimistis bisa lulus ujian kenaikan tingkat.

''Mau bagaimana lagi, Mas. Persiapan sangat kurang,'' kata alumnus Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purwakarta, Jawa Barat, itu. Menurut Fauzan, keadaanlah yang membuat dirinya tak terlalu yakin bisa lulus ujian kenaikan tingkat.

Universitas Al-Azhar di Kairo, Mesir, masih menjadi favorit bagi calon mahasiswa Indonesia yang ingin memperdalam jurusan agama di luar negeri. Namun,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News