Kebakaran Hebat di AS, 19 PMK Tewas Terpanggang

Kebakaran Hebat di AS, 19 PMK Tewas Terpanggang
Kebakaran hebat di Amerika Serikat yang memakan belasan korban dari petugas pemadan kebakaran. FOTO: nytime.com
PHOENIX- Sebanyak 19 pasukan pemadam kebakaran (PMK) tewas saat berusaha memadamkan kebakaran besar yang melanda sebuah perbukitan di kota kecil Yarnell, sekitar 80 Km barat laut Phoenix pada Minggu (30/6) kemarin. Mereka yang tewas adalah anggota Granite Mountain Hotshots, tim khusus pemadam kebakaran yang berpusat di Prescott Arizona.

Beberapa pekan terakhir, tim ini berhasil memadamkan kebakaran hutan yang dipicu gelombang angin panas yang melanda New Mexico dan Arizona. Kepala Pemadam Kebakaran Prescott, Dan Fraijo mengatakan, para korban tewas karena tak berhasil menyelamatkan diri ke penampungan darurat yang biasanya dibuat sesaat tim sampai di lokasi bencana.

"Seluruh kru Granite Mountain Hotshots dibunuh api. Tampaknya bencana dahsyat sedang terjadi," ucap Dan seperti dikutip dari New York Times, Senin (1/7). Disebutkan pula, hingga Minggu malam waktu setempat, pihak berwenang masih menunggu keluarga untuk mengidentifikasi korban.

Kini setidaknya sudah 200 PMK berada di tempat bencana dan diperkirakan jumlahnya akan berlipat ganda pada  Senin ini. Mike Reichling, juru bicara PMK Tempe mengatakan, helicopter dan pesawat DC-10 akan segera diturunkan untuk membantu usaha pemadaman lewat udara. "Kami belum berhasil mengendalikan api," ucap Mike.

PHOENIX- Sebanyak 19 pasukan pemadam kebakaran (PMK) tewas saat berusaha memadamkan kebakaran besar yang melanda sebuah perbukitan di kota kecil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News