Kebakaran Kilang Terulang Lagi, Legislator Menuntut Penjelasan Pertamina

Kebakaran Kilang Terulang Lagi, Legislator Menuntut Penjelasan Pertamina
Kebakaran kilang minyak Pertamina. Foto: ANTARA /Dedhez Anggara/hp

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyebut Pertamina sebenarnya sudah dimintai keterangan parlemen atas kasus kebakaran kilang di Cilacap pada Juni 2021.

Bahkan, sudah ada kesimpulan demi mengantisipasi kejadian serupa terjadi pada masa mendatang.

Namun, kebakaran kilang Pertamina kembali terjadi setelah hasil evaluasi pejabat perusahaan pelat merah itu dengan para legislator.

"Oleh karena itu, saya rasa komisi terkait akan menanyakan bahwa pertemuan yang lalu itu hasilnya apakah dijalankan atau bagaimana. Sebab, terjadi lagi," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/11).

Legislator Fraksi Partai Gerindra itu menginginkan Pertamina membuat inventaris kilang berdasar status kerawanan.

Setidaknya, Pertamina bisa fokus mengantisipasi kerawanan di kilang tertentu demi menekan akan kerugian materiel dan imateriel.

"Mana kilang minyak yang dalam keadaan status merah, kuning, atau hijau. Jadi, untuk antisipasi. Sebab, kalau kemudian terjadi ledakan-ledakan, tentunya akan menyebabkan, selain kerugian materiel, negara, itu membahayakan sekitar," tutur dia.

Kebakaran terjadi di tangki kilang milik Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah. Insiden kebakaran ini terjadi pada Sabtu (13/11) malam sekitar pukul 19.30.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menginginkan Pertamina mencegah kebakaran kilang dengan membuat inventaris status kerawanan kilang minyak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News