Kebiasaan Menikah Dini di Daerah Terisolir

Kebiasaan Menikah Dini di Daerah Terisolir
Di Jorong Mawar Nagari Lubuk Jantan, Lintau Buo Utara, Tanahdatar, kebanyakan wanitanya nikah muda, rata-rata 14 tahun. Tampak Koasdim 0307 Tanahdatar Mayor Infanteri Munardi bersama rombongan foto dengan salah satu ibu muda. (foto-gusti ayu-padek)
Bagaikan bunga kembang tak jadi, itu mungkin gambaran yang pas untuk gadis- gadis di Jorong Mawar  Nagari Lubuk Jantan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanahdatar. Bagaimana  tidak di usianya yang baru 14 tahun meskinya mereka duduk di bangku sekolah namun ternyata mereka harus diam dirumah untuk mengurus suami dan dua atau tiga anak mereka. Kemiskinan dan keterisolasian membuat pengaruh “magig ITB’ semakin menenggelamkan kehidupan masyarakat di Jorong Mawar. Mungkinkah  pengaruh “magig ITB bisa hilang di bumi Tuangku Lintau?

Gusti Ayu Gayatri-Padang

Matahari bersinar dengan cerah saat wartawan JPNN memasuki  Jorong Mawar.  Kecamatan Lintau Buo sendiri berada 40 km dari Batusangkar, namun untuk  menembus Jorong Mawar harus menempuh perjalanan kurang lebih 20 km lagi dari Lintau Buo Utara. Hal pertama yang bisa kita saksikan saat memasuki Jorong Mawar itu adalah batang sungai yang berair keruh . Sungai itulah yang dipergunakan bocah- bocah kecil yang berseragan merah putih di jorong itu untuk mandi.

Mereka terlihat begitu gembira, walaupun air yang mereka gunakan kontan terkena penyakit dan kuman-kuman. Mereka meletakan pakaian seragam mereka diatas sebuah batu dan berenang seperti ikan, lain lagi dengan anak dara dari jorong mawar mereka lebih memilih segera pulang sekolah dibanding harus bermain. Dengan menempuh  perjalanan kaki selama 3 jam dari sekolah  ke tempat tinggal mereka, tak terlihat rasa lelah diwajah mereka, senyum ceria khas anak- anak tetap tersungging di bibir mereka.  Hampir sebagian besar siswa- siswi di jorong mawar ke sekolah hanya menggunakan sandal.  

Bagaikan bunga kembang tak jadi, itu mungkin gambaran yang pas untuk gadis- gadis di Jorong Mawar  Nagari Lubuk Jantan Lintau Buo Utara Kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News