Kebijakan Komprehensif Diperlukan untuk Mengatasi Dampak Pandemi Terhadap Rumah Tangga

Kebijakan Komprehensif Diperlukan untuk Mengatasi Dampak Pandemi Terhadap Rumah Tangga
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat SS, MM. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan dampak pandemi Covid-19 menciptakan berbagai perubahan di sejumlah sektor dalam skala negara hingga rumah tangga.

Oleh karena itu, perlu kebijakan yang menyeluruh agar mampu mengatasi permasalahan di setiap kelompok masyarakat di tanah air.

"Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada negara, tetapi juga secara langsung berdampak pada unit terkecil dari negera yaitu rumah tangga," kata Lestari Moerdijat saat membuka diskusi virtual bertema "Menakar Dampak Sosial Ekonomi Rumah Tangga dan Langkah Antisipasinya" yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (10/3).

Dalam diskusi yang dimoderatori Arimbie Heroepoetri (Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI, Koord Bidang Penyerapan Aspirasi Masyarakat dan Daerah) itu dihadiri oleh Sri Wulan (Anggota DPR RI 2019-2024), Athia Yumna (Deputy Director of Research and Outrech SMERU), Agus Eko Nugroho (Kepala Pusat Penelitian Bidang Ekonomi LIPI), Nani Zulminarni (Pendiri dan Ketua Yayasan PEKKA/Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga) dan Khomisah (Ibu Rumah Tangga Asal Kab. Kudus) sebagai narasumber.

Diskusi itu juga dihadiri Diyah Puspitarini (Ketua Umum PP Nasyiatul Aisyiyah) dan Ahmad Rizali (Wakil Ketua Umum, Koodinator Bidang Pendidikan dan SDM, NU Circle) sebagai penanggap.

Menurut Lestari, terganggunya perekonomian rumah tangga juga menyebabkan gangguan sosial dan kesehatan terhadap anggota keluarga seperti ibu dan anak.

Sosok yang karib disapa Rerie itu menjelaskan dampak gangguan ekonomi keluarga, mendapat respons yang berbeda dari setiap kelompok masyarakat.

Pada masyarakat kelompok pra sejahtera, kata Rerie, pandemi Covid-19 bahkan menyebabkan potensi kerawanan pangan terhadap anak meningkat.

Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada negara, tetapi juga secara langsung berdampak pada unit terkecil dari negera yaitu rumah tangga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News