Kebijakan Mendag Lutfi Soal Harga Minyak Goreng Dinilai Tidak Matang

Kebijakan Mendag Lutfi Soal Harga Minyak Goreng Dinilai Tidak Matang
Ilustrasi - Kelangkaan minyak goreng di pasaran. Foto: Wenti Ayu/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kebijakan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dalam mengatasi permasalahan minyak goreng dinilai tidak matang.

Pengamat ekonomi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Gunawan Benjamin menilai kebijakan yang dibuat Mendag terkesan terburu-buru dan justru menimbulkan polemik baru di masyarakat.

“Kalau arahan minyak goreng satu harga ke Rp 14.000, terus ke Rp 11.500, arahan itu sangat jelas ditelinga konsumen, tapi arahan itu justru jadi polemik sekarang di tengah masyarakat karena stoknya tidak ada. Jadi memang kalau saya berkesimpulan, kebijakan yang diambil oleh Menteri Perdagangan ini tidak matang,” ujar Gunawan.

Gunawan menjelaskan kebijakan Mendag yang menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng mendapatkan keluhan tidak hanya di level konsumen saja, tetapi juga di level pedagang, terutama pasar tradisional.

Pedagang, mendapatkan keluhan dari konsumen yang merasa minyak goreng yang seharusnya sudah satu harga sesuai arahan Mendag.

Namun nyatanya, di lapangan pedagang masih harus menjual stok minyak goreng yang mereka beli dengan harga di atas HET.

“Ini sebenarnya yang harus diselesaikan, di lapangan memang kebijakan ini belum efektif sama sekali untuk meredam gejolak harga minyak goreng,” jelas Gunawan.(chi/jpnn)

Kebijakan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dalam mengatasi permasalahan minyak goreng dinilai tidak matang.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News