Kebijakan Presiden Jokowi Dalam Menanggani Pandemi Diacungi Jempol

Kebijakan Presiden Jokowi Dalam Menanggani Pandemi Diacungi Jempol
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Ilustrasi/Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, PALU - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Tadulako menggelar seminar bertajuk Kolaborasi Kolektif Menuju Herd Immunity: Telaah Kebijakan Pemerintah Jokowi dalam Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19.

Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Palu, Sidiq Djatola menilai kesuksesan Jokowi dalam menangani pandemi berkat strategi kolaborasi yang dibawanya.

“Kebijakan (kolaborasi) ini cukup efektif. Karena saya lihat Pak Jokowi tidak hanya memerintahkan Kapolri atau BIN saja. Tapi melibatkan semua stakeholder. Dan ini yang kemudian menjadi harapan kita. Melibatkan seluruh stakeholder dan mempercepat herd immunity serta mempercepat selesainya pandemi,” ujar Sidiq.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Sulteng, Dr I Komang Adi Sujendra menilai strategi tersebut merupakan cara jitu untuk cepat keluar dari pandemi.

Menurut Komang strategi sudah diambil oleh pemerintah pusat yang sudah berjalan sedemikian rupa, seperti pembentukan satgas Covid-19, mulai dari nasional hingga kecamatan.

"Alhamdulillah kalau saya melihat hasil nyata daripada upaya-upaya yang dilakukan pemerintah, kolaborasi antara pusat dan daerah juga provinsi, kabupaten dan kota sampai ke tingkat desa atau kelurahan mampu memberikan hasil yg sangat positif,” ujar Komang.

Komang menunjukkan hasil nyata dari strategi kolaborasi yang digagas oleh Jokowi.

Dia mengatakan, parameter keberhasilan Jokowi adalah turunnya kasus aktif, hingga berhasil ditekannya angka kematian.

Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi berhasil mencatatkan diri sebagai negara dengan indeks pemulihan Covid-19 tertinggi se-Asean.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News