Kecakapan Berbahasa Inggris Indonesia Masih Rendah, Peringkat 74 dari 113 Negara

Kecakapan Berbahasa Inggris Indonesia Masih Rendah, Peringkat 74 dari 113 Negara
Beberapa anak mengikuti pembelajaran di EF Education First (EF). Foto dok. EF

jpnn.com, JAKARTA - EF Education First, lembaga pendidikan global terkemuka dengan bangga mengumumkan peluncuran Indeks Kemahiran Bahasa Inggris EF 2023 (EF EPI 2023).

Sebuah tonggak bersejarah dalam pemantauan kemampuan bahasa global, EF EPI 2023 melibatkan 2,2 juta peserta tes dari 113 negara dan wilayah, memberikan pandangan mendalam tentang tingkat kemahiran bahasa Inggris di seluruh dunia.

"Dari total peserta tes, sekitar 55 persen adalah perempuan dengan rentang usia peserta antara 18 hingga 60 tahun, dan rata-rata usia 26 tahun," kata EF Director of Academic Affairs Emma Walton dalam keterangannya, Senin (27/11).

EF EPI 2023 adalah sebuah pencapaian signifikan dalam pemahaman global tentang kemampuan bahasa Inggris, memberikan wawasan yang dapat diandalkan untuk berbagai pemangku kepentingan.

Menurut EF EPI 2023, Indonesia saat ini berada di peringkat 79 dari 113 negara dengan tingkat kemahiran bahasa Inggris yang masih di kategori rendah.

Dengan skor 469, Indonesia berupaya untuk memperbaiki kemampuan bahasa Inggrisnya agar dapat bersaing lebih baik di tingkat global. 

Data menunjukkan bahwa Jawa menjadi wilayah dengan kecakapan tertinggi, sedangkan Papua menunjukkan kecakapan paling rendah. 

Jakarta dan Surabaya muncul sebagai kota dengan kecakapan bahasa Inggris paling tinggi.

EF EPI 2023 menyebutkan Indonesia berada di peringkat ke-79 untuk tingkat kemahiran bahasa Inggris

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News