Kecurangan CPNS di Sulbar Terparah

Kecurangan CPNS di Sulbar Terparah
Kecurangan CPNS di Sulbar Terparah
JAKARTA—Meski belum ada laporan secara resmi mengenai hasil tim verifikasi kecurangan CPNS di 40 daerah, namun berdasarkan laporan yang masuk ke pusat, Sulawesi Barat (Sulbar) yang paling buruk. Sekitar tujuh kabupaten/kota plus provinsi di Sulbar, semuanya terjadi kecurangan.

“Sulbar memang paling parah. Seluruh daerah kabupaten/kota dan provinsinya dilaporkan ada kecurangannya,” kata Deputi SDM bidang Aparatur Negara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Ramli Naibaho pada wartawan di kantornya, Kamis (17/2).

Di 16 provinsi lainnya, lanjut Ramli, memang terjadi kecurangan juga. Namun jumlahnya tidak sebanyak di Sulbar. “Yang saya heran kenapa kok seluruh Sulbar serentak melakukan kecurangan. Saya juga tidak mengerti, kenapa kepala daerahnya malah membiarkannya. Harusnya kepala daerahnya yang mengawasi, bukannya malah memberikan celah,” ujarnya.

Data dari Kemenpan-RB menyebutkan, dari 40 daerah yang diverifikasi itu adalah Sumatera Utara enam kabupaten/kota, Jambi delapan kabupaten/kota, Sumatera Barat dua kabupaten/kota, Riau satu, Bangka Belitung satu, Lampung satu, Kalimantan Tengah satu, Banten satu, Jawa Barat satu, Nusa Tenggara Barat empat kabupaten/kota, Sulawesi Utara tiga kabupaten/kota, dan Sulawesi Selatan dua kabupaten/kota.

JAKARTA—Meski belum ada laporan secara resmi mengenai hasil tim verifikasi kecurangan CPNS di 40 daerah, namun berdasarkan laporan yang masuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News