Kecurangan di Pilpres Marak, Todung Ajak Sukarelawan Ganjar-Mahfud Bergerak

Kecurangan di Pilpres Marak, Todung Ajak Sukarelawan Ganjar-Mahfud Bergerak
Advokat senior Todung Mulya Lubis membuka diskusi pada Rakornas Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres Ganjar Pranowo-Mahfud MD (TKRPP Ganjar-Mahfud) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023). Foto: DPP PDIP untuk JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo - Mahfud MD (TPN Ganjar-Mahfud) Todung Mulya Lubis mengungkapkan belakangan ini banyak pelanggaran atas aturan pemilu.

Menurut Todung, pelanggaran berbentuk kecurangan itu terjadi di banyak tempat.

“Kita tahu banyak sekali pelanggaran yang sudah terjadi di banyak tempat di seluruh Indonesia," kata Todung saat membuka diskusi di Rakornas Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) Ganjar-Mahfud di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Adapun pembicara dalam diskusi itu ialah anggota Bawaslu Totok Hariyono, komisioner Komnas HAM Pramono Ubaid Tanthowi, dan pelaksana harian Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Togap Simangunsong.

Todung menegaskan pelanggaran atas aturan pemilu itu tidak boleh dibiarkan.

Oleh karena itu, pegiat hak-hak sipil tersebut Todung berpendapat para sukarelawan punya peran penting untuk menjaga Pilpres 2024 berjalan adil.

"Apakah kita kemudian berdiam diri dan biarkan? Sukarelawan punya peranan sangat penting untuk menjaga, sukarelawan itu punya andil menjaga integritas pemilu dan pilpres ini," kata Todung.

Pada diskusi itu, komisoner Bawaslu Totok Hariyono mengatakan sukarelawan bisa menjadi motor penggerak untuk mencegah kecurangan di Pilpres 2024.

Advokat Todung Mulya Lubis yang menjadi Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud menyatakan sudah banyak praktik kecurangan pada Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News