Kehilangan Waktu Tidur Bisa Berdampak pada Kesepian?

Kehilangan Waktu Tidur Bisa Berdampak pada Kesepian?
Kesepian. Ilustrasi Foto: pixabay

jpnn.com - Kehilangan waktu tidur terkait dengan segala sesuatu mulai dari kecelakaan mobil hingga kenaikan berat badan.

Tapi sebuah studi baru dari para peneliti di University of California, Berkeley telah menambahkan konsekuensi lain yang mungkin terjadi karena tidak cukup tidur, yakni kesepian.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications, menemukan bahwa orang yang kurang tidur merasa lebih kesepian dan kurang sosial di sekitar orang lain.

Penelitian ini melibatkan 18 orang dewasa muda yang sehat dan lebih dari 1.000 pengamat yang direkrut melalui Mechanical Turk Amazon untuk bagian online penelitian.

"Saya pikir ini adalah studi yang menarik," kata Dr. Chris Winter, ahli saraf di Charlottesville Neurology and Sleep Medicine, seperti dilansir laman Fox News, Senin (26/11).

"Ada banyak penelitian yang mengilustrasikan bagaimana kurang tidur memengaruhi suasana hati, energi, kemampuan untuk menangkap isyarat sosial, perilaku pengambilan risiko, antusiasme, konsentrasi," jelas Winter.

Meskipun ukuran sampelnya kecil, Winter mengatakan dia tidak terkejut dengan hasilnya.

"Dugaan saya adalah bahwa kurang tidur merusak drive ini pada banyak tingkatan," tambah Winter.

Ada banyak penelitian yang mengilustrasikan bagaimana kurang tidur memengaruhi suasana hati, energi, kemampuan untuk menangkap isyarat sosial.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News