Kejaksaan Usut Korupsi di Proyek Bioremediasi Chevron

Kejaksaan Usut Korupsi di Proyek Bioremediasi Chevron
Kejaksaan Usut Korupsi di Proyek Bioremediasi Chevron
JAKARTA- Kejaksaan Agung menetapkan tujuh orang sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pemulihan lahan bekas tambang minyak atau bioremediasi di PT Chevron Pasific Indonesia (CPI), Riau. Dari aksi mereka menurut Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (JAM Pidsus) Andhi Nirwanto, negara dirugikan mencapai USD 23,61 juta.

Adapun modus dugaan korupsi yang dilakukan dengan cara membuat proyek bioremediasi fiktif yang diajukan ke BP Migas sebagai cost recovery selama rentang waktu 2003 sampai 2011. "Mulai minggu depan kita melakukan pemeriksaan saksi," kata Andhy, Jumat (16/3).

Sementara menurut Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejagung (Kapuspenkum) Adi Toegarisman, para tersangka tersebut adalah ER, WB, KK, HL, RP, AT, dan DAF. Meski terjadi pada proyek yang dikerjakan di CPI, Adi menyebutkan tak satu pun dari mereka adalah karyawan Chevron.

Walau begitu, seiring dengan berlangsungnya penyidikan bukan tak mungkin ada pejabat Chevron yang terlibat. Seluruh tersangka, lanjut Adi, adalah karyawan PT JTI dan PT SJ. Perusahaan yang ditunjuk Chevron untuk mengerjakan proyek bioremediasi.

JAKARTA- Kejaksaan Agung menetapkan tujuh orang sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pemulihan lahan bekas tambang minyak atau bioremediasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News