Kejar Ketertinggalan, JK Dorong Perbanyak Institut Teknologi

Kejar Ketertinggalan, JK Dorong Perbanyak Institut Teknologi
Wapres Jusuf Kalla dan Ketua MPR Zulkifli Hasan. Foto: Humas MPR

jpnn.com, BANDAR LAMPUNG - Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengakui masih besarnya ketimpangan pusat dan daerah. Itu sebabnya, perlu dibangun lebih banyak institut teknologi untuk keseimbangan dan mengejar ketertinggalan daerah.

“Sejak dulu saya ingin negeri ini maju dan seimbang maka sejak tahun 2000-an saya berpikir kenapa kita hanya punya dua institut saja di Jawa," kata Wapres dalam orasi ilmiahnya di Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Jumat (7/10).

Kedua institut yang ada tersebut yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya. Karenanya, perlu dibangun lebih banyak lagi di luar Jawa.

“Kemajuan bisa diperoleh dengan teknologi. Tanpa sains dan teknologi, tidak ada peradaban," ucapnya.

Dalam kesempatan sama, Rektor ITERA Ofyar Z. Tamin mengungkapkan, kehadiran Wapres akan menjadi salah satu pemicu semangat bagi ITERA dalam melaksanakan percepatan pembangunan.

Dia berharap mahasiswa ITERA lebih bersemangat dalam belajar dan kelak menjadi lulusan yang cerdas dan berkualitas secara akademik maupun non akademik.

Sementara Gubernur Ridho Ficardo mengungkapkan bahwa Lampung adalah gerbangnya Sumatera. Dia ingin Lampung menjadi provinsi unggulan yang menopang pembangunan SDM.

“Hakikat pembangunan adalah membangun manusia Indonesia seutuhnya. Lampung diharapkan menjadi daerah pendidikan. Anggaran pemprov terbatas, sehingga saat ini upaya yang dapat dilakukan sebagai bentuk dukungan adalah penyediaan lahan hibah untuk kampus.” ujar Ridho.

Wakil Presiden M Jusuf Kalla mengakui masih besarnya ketimpangan pusat dan daerah. Perlu dibangun lebih banyak institut teknologi untuk mengejar ketertinggalan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News