Kekhawatiran Menhub soal Motor Masuk Tol

Kekhawatiran Menhub soal Motor Masuk Tol
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (jaket hitam) saat rapat di DPR. Foto dok Humas Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melihat usulan sepeda motor dibolehkan masuk jalan tol dari sisi berbeda. Dia bicara dari aspek keselamatan. Risikonya tinggi.

BACA JUGA: Bamsoet Usulkan Sepeda Motor Boleh Melintasi Jalan Tol

Demikian disampaikan Budi ketika dimintai tanggapan atas usulan Ketua DPR Bambang Soesatyo, supaya pemerintah mengkaji kemungkinan sepeda motor boleh masuk jalan tol. Sehingga pemotor juga bisa menikmati hasil pembangunan.

"Ada satu fakta bahwa motor itu berisiko. Risiko berkaitan dengan keselamatan. Sekarang ini 70 persen kecelakaan itu karena motor. Jadi memang motor itu kita harus hati-hati melakukannya," ucap Budi di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (29/1).

BACA JUGA: Sinyal Positif Menteri PUPR soal Motor Masuk Tol

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II tersebut mengaku juga harus melihat usulan itu dari sisi Undang-Undang. Oleh sebab itu dia berjanji akan mengkaji secara komprehensif dari berbagai aspek.

"Tapi saya akan mempelajari regulasi di negara kita, di internasional seperti apa. Nanti akan kami diskusikan termasuk Pak Bamsoet kami undang juga," tandasnya.(fat/jpnn)


Tidak semua pemangku kepentingan setuju begitu saja dengan usul mengizinkan motor masuk tol. Menhub Budi Karya Sumadi salah satu yang punya kekhawatiran


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News