Kekurangan Penyuluh Perikanan

Kekurangan Penyuluh Perikanan
Kekurangan Penyuluh Perikanan
MATARAM-Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kota Mataram sering menerjunkan penyuluhnya untuk membekali masyarakat pesisir mengolah berbagai produk perikanan. Sayangnya, hal tersebut belum menyentuh semua masyarakat yang ada di pesisir Pantai Ampenan.

Sahnah, salah satu warga Kampung Bugis, Kelurahan Bintaro mengatakan, ketika musim tidak bersahabat seperti saat ini, ia beralih menjadi buruh cuci. Pasalnya, tidak ada nelayan yang turun ke laut. Ia yang berprofesi sebagai buruh nelayan pun tidak memiliki kemampuan lain. ‘’Kalau ada aktivitas, paling membantu buat pindang,’’ ucapnya.

Ditanya soal pelatihan perikanan dari para penyuluh untuk mengolah berbagai produk hasil laut, ia mengaku tidak tahu menahu. ‘’Saya belum pernah dapat pelatihan,’’ akunya.

Kepala BP4K Kota Mataram Bondan Wisnujati yang ditanya kurang meratanya perhatian penyuluh perikanan ke masyarakat pesisir mengatakan, itu tidak bisa dilepaskan dari sumber daya manusia (SDM) penyuluh perikanan. ‘’Di BP4K jumlah penyuluh perikanan itu hanya tujuh orang, lima berstatus PNS, dua lainnya berstatus pegawai kontrak pusat,’’ katanya.

MATARAM-Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kota Mataram sering menerjunkan penyuluhnya untuk membekali masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News