Selasa, 23 Juli 2019 – 22:31 WIB

Kelaparan Yahukimo, Tunggu Bantuan dari Pusat

Rabu, 18 November 2009 – 07:23 WIB
Kelaparan Yahukimo, Tunggu Bantuan dari Pusat - JPNN.COM

JAYAPURA- Bencana Kelaparan yang masih mendera di 4 distrik di Kabupaten Yahukimo kini menunggu uluran tangan dari pusat. "Pemda sudah mengeluarkan banyak sekali bantuan, namun sampai kini kelaparan itu masih terus terjadi.Kini kami menunggu uluran dari pusat," kata Bupati Yahukimo Ones Pahabol ketika dihubungi JPNN.

Empat Distrik yang hingga kini masih dilaporkan kelaparan itu, antara lain Distrik Langda, Suntamon, Seradala dan Bomela."Kami masih berusaha untuk terus memberikan bantuan bahan makanan dan obat-obatan di beberapa distrik itu," kata Pahabol menjelaskan.
 
Bupati mengatakan, Pemkab Yahukimo akan berusaha memberikan bantuan bahan makanan selama 8 bulan ke depan, sambil mempersiapkan masyarakat untuk mengembalikan kondisi dari gagal panen tersebut dengan mengajak masyarakat bekerja di kebunnya hingga menghasilkan panen untuk memenuhi kebutuhannya.
 
Bupati menegaskan, meski masih akan terus menyalurkan bantuan bahan makanan ke beberapa distrik tersebut, namun bukan berarti menjadikan masyarakat bergantung pada bantuan bahan makanan dari pemerintah.Sementara itu, untuk menangani warga yang sakit akibat bencana kelaparan itu, Bupati menjelaskan, pihaknya juga telah menurunkan tim medis termasuk 15 dokter yang disiapkan ke beberapa distrik tersebut, dilakukan secara mobile atau keliling.
 
"Ini sudah jalan. Bantuan bahan makanan tetap jalan, namun tidak dalam jumlah banyak lagi, tetapi diberikan secara kontinyu sambil kita memberikan motivasi kepada masyarakat untuk bekerja kebun guna menyiapkan ketersediaan pangan," jelasnya.
 
Terkait penyaluran atau droping bantuan itu, pihaknya saat ini masih menunggu bantuan dari Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Pusat melalui tim penanggulangan bencana. "Pemda sudah habis dana banyak untuk penyaluran bantuan, termasuk menyewa Helly. Kami masih tunggu bantuan dana dari pusat dan provinsi, sehingga kami bisa melakukan realisasi pendropingan bantuan lagi ke distrik-distrik dan kontrak pesawat secepatnya," tandasnya.(bat/aj)
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar