JPNN.com

Kelompok Sempalan Al Qaeda Serbu Pangkalan Militer AS di Somalia

Selasa, 01 Oktober 2019 – 05:29 WIB Kelompok Sempalan Al Qaeda Serbu Pangkalan Militer AS di Somalia - JPNN.com
Anggota Al Shabaab di Somalia. Foto: AFP

jpnn.com, MOGADISHU - Kelompok militan Alshaabab menyerbu pangkalan militer Amerika Serikat di pinggiran Mogadishu, Somalia, Senin (30/9). Aksi kelompok yang berafiliasi dengan Al Qaeda tersebut membuat pemerintah Somalia kaget.

"Kami telam mendapat informasi bahwa gerilyawan Al Shabaab meledakkan dua bom mobil di pangkalan militer AS di daerah Balidoogle hari ini," ujar seorang perwira militer Somalia, Abdirahman Muse Ali melalui sambungan telepon kepada Bloomberg.

Lebih lanjut Ali mengatakan, serangan tersebuat dilakukan oleh pejuang bersenjata dari berbagai arah yang berbeda. Oleh karenanya, tentara di pangkalan langsung memukul mundur para penyerang yang menyebabkan korban di kedua belah pihak.

Pangkalan militer di Balidoogle sendiri diketahui digunakan oleh AS untuk melatih pasukan Tentara Nasional Somalia. Pada pekan lalu, Al Shabaab juga telah menyerbu pangkalan militer di dekat Mogadishu dan mengakibatkan 23 tentara meninggal dunia.

Al Shaabab diperkirakan memiliki hampir 10.000 pasukan pada 2014. Pada 2015, Al Shabaab mundur dari kota-kota besar, tetapi masih mengendalikan beberapa daerah kecil. Tidak hanya Al Qaeda, kelompok ini juga diduga berafiliasi dengan Boko Haram di Nigeria. (rmol/jpnn)

Sumber RMOL.co

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...