Keluar 108 SK Pemenang Pilkada

Keluar 108 SK Pemenang Pilkada
Keluar 108 SK Pemenang Pilkada
JAKARTA -- Data dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebutkan, sampai saat ini sudah 175 daerah yang menggelar pemilukada, dari 244 pemilukada yang digelar tahun ini. Kapuspen Kemendagri Saut Situmorang menyebutkan, dari yang sudah menggelar pemilukada itu, sudah ada 123 daerah yang telah menyampaikan usulan pengesahan pengangkatan kepala daerah-wakil kepala daerah terpilihnya.

"Sebanyak 108 diantaranya sudah ditandatangani SK-nya, dan 71 diantaranya telah dilantik," kata Saut Situmorang di kantornya, Rabu (25/8). SK yang sudah keluar itu adalah lima SK untuk gubernur-wakil gubernur, 84 bupati-wakil bupati, dan 19 wali kota-wakil walikota. Kelima gubernur itu adalah gubernur Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Pada kesempatan yang sama, Saut mengingatkan daerah segera mengusulkan pengesahan pengangkatan kepala daerah terpilih hasil pilkada jika semua persoalan dan sengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) sudah selesai. Ditegaskan, bila usulan sudah sampai ke Kemendagri, maka mendagri tidak akan pernah memperlambat ataupun mempercepat proses pelantikan kepala daerah. Semua diproses sesuai aturan yang berlaku.

“Kita tidak pernah mempercepat, apalagi memperlambat proses pelantikan kepala daerah. Mulai dari tandatangan SK, semua akan ditandatangani jika sudah tidak ada masalah dan sudah lengkap persyaratannya, jika kita belum menerima, apanya yang mau ditandatangani?" ujar Saut.

JAKARTA -- Data dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebutkan, sampai saat ini sudah 175 daerah yang menggelar pemilukada, dari 244 pemilukada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News