Keluarga Gus Dur Dukung Jokowi, Kecuali Ibu Sinta Nuriyah

Keluarga Gus Dur Dukung Jokowi, Kecuali Ibu Sinta Nuriyah
Konferensi pers konsorsium kader Gus Dur. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Keluarga besar presiden keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur resmi memberikan dukungan ke pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu, Joko Widodo - Ma'ruf Amin.

Hal itu disampaikan langsung oleh putri Gus Dur, Yenny Wahid bersama Konsorsium Kader Gus Dur di Rumah Pergerakan Politik Gus Dur, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (26/9).

"Dengan ini menyatakan mendukung pasangan nomor satu, Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Jokowi akan memimpin kembali Indonesia," kata Yenny.

Meski demikian, Yenny menekankan bahwa sang ibu Sinta Nuriyah Wahid tidak mengambil langkah politik dalam Pilpres 2019 ini. Sebab, lanjutnya, Sinta sebagai ibu bangsa harus berada di posisi netral agar bisa menegur kedua pihak yang salah.

Yenny mengungkap pilihan ini merupakan keputusan sembilan konsorsium dan murid-murid ideologis Gus Dur. Menurut Yenny, Jokowi selaras dengan ideologi Gus Dur yang menghadirkan keadilan sosial dengan cara memenuhi hak-hak dasar tanpa membedakan agama, keyakinan, warna kulit, ras, gender maupun status sosial.

"Pemimpin yang kami pilih menghadirkan keadilan social dengan memenuhi basic needs atau kebutuhan dasar bagi mereka yang selama ini tak tersapa. Menghadirkan layanan pendidikan, kesehatan maupun akses konektivitas bagi mereka yang dulunya tak terjamah," kata dia.

Mewakili segenap kader dan murid Gus Dur, di antaranya tergabung dalam jaringan Barisan Kader Gus Dur, Gerakan Kebangkitan Nusantara, Forum Kyai Kampung Nusantara, Garis Politik Al Mawardi, Komunitas Santri Pojokan, Jaringan Perempuan NKRI, Millenial Political Movement, Forum Profesional Peduli Bangsa dan Satuan Mahasiswa Nusantara. (tan/jpnn)

 


Yenny mengatakan pilihan keluarga besar Gus Dur untuk Jokowi juga merupakan keputusan sembilan konsorsium dan murid-murid Gus Dur.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News