Keluhkan Sampah Bangkai Ikan Hiu

Keluhkan Sampah Bangkai Ikan Hiu
Keluhkan Sampah Bangkai Ikan Hiu

Sebuah rumah warga di Darwin menerima sebuah kejutan yang mencurigakan pekan ini, ketika mereka menemukan bangkai ikan hiu dengan panjang sekitar satu meteran di dekat pintu rumah mereka.

"Bangkai ikan itu sudah setengah dipotong juga jadi bangkainya masih tersisa bagian kepala dan ekornya tapi bagian tubuhnya sudah hilang seluruhnya,” kata penduduk Fannie Bay, Tess Kelly.

"Baunya, sudah pasti, mengerikan."

Fannie Bay adalah sebuah daerah pinggiran pantai dan perairan sekitarnya adalah rumah bagi sejumlah spesies ikan hiu, banyak di antaranya yang relatif jinak dan lebih suka memangsa satwa laut kecil.

Akhir tahun lalu warga setempat juga telah melaporkan temuan ikan hiu dengan siripnya yang sudah dibuang secara ilegal di pantai terdekat .

Tapi Thor Saunders, ilmuwan riset utama di Fisheries NT, meyakini satu-satunya ketentuan yang dilanggar dalam kejadian ini adalah membuang sampah sembarangan.

Dia mengatakan kepada ABC sisa-sisa tubuh ikan hiu itu menunjukan ikan tersebut telah ditangkap secara lokal sebelumnya untuk kepentingan dikonsumsi.

"Biasanya jika orang memotong hiu untuk umpan mereka menggunakan seluruh bagian dari ikan dan memotong [semuanya] menjadi potongan-potongan kecil, sedangkan jika seseorang memakannya, mereka umumnya akan mengambil sirip serta mengiris bagian daging (filleting) ikan itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News