Kemajuan Ekspor Produk Pertanian Jadi Arah Kemandirian Pangan Nasional

Kemajuan Ekspor Produk Pertanian Jadi Arah Kemandirian Pangan Nasional
Stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) melimpah. Foto: dok. Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kemajuan ekspor produk pertanian dan keberhasilan mencapai surplus perdagangan internasional dapat disimpulkan bahwa Indonesia telah mampu untuk mandiri pangan.

"Begini, kalau ekspor hasil pertanian katanya memang sudah bagus, terus juga untuk di sisi perdagangan, logikanya di dalam negeri stoknya berlimpah," ujar pengamat pertanian Universitas Hasanuddin Yunus Musa, Kamis (1/8).

Dengan begitu, ucap Yunus, cukupnya ketersediaan komoditas pertanian di dalam negeri itu dapat juga dikatakan Indonesia seharusnya sudah berdikari pangan.

BACA JUGA: Kementan Klaim Geliat Ekspor Kacang Hijau Terus Meningkat

Menurut Yunus, bila memang data menunjukkan keberhasilan lonjakan ekspor produk pertanian, maka Kementerian Pertanian (Kementan) patut diapresiasi kinerjanya.

Sebab, bentuk ekspor pertanian, menguntungkannya di sektor perdagangan internasional hingga terpenuhinya ketersediaan pangan nasional merupakan tujuan dari pengelolaan agraris Indonesia.

BACA JUGA: Ketua Komisi II DPD RI Akui Kebijakan Sektor Pertanian Berhasil Tingkatkan Ekspor

Diketahui, nilai ekspor produk pertanian Indonesia selama empat setengah tahun terakhir tercatat mampu terus meningkat.

Kemajuan ekspor produk pertanian dan keberhasilan mencapai surplus perdagangan internasional dapat disimpulkan bahwa Indonesia telah mampu untuk mandiri pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News