Ketua Komisi II DPD RI Akui Kebijakan Sektor Pertanian Berhasil Tingkatkan Ekspor

Ketua Komisi II DPD RI Akui Kebijakan Sektor Pertanian Berhasil Tingkatkan Ekspor
Ketua Komite II DPD RI, Aji Muhammad Mirza Wardana Dalam di Ruang Rapat KLHK, Rabu (14/11). Foto: Humas DPD RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Komite II DPD RI M. Aji Mirza Wardana menilai kinerja positif ekspor pertanian selama empat tahun terakhir, membuktikan kebijakan dan program Kementerian Pertanian (Kementan) tidak hanya berhasil meningkatkan produksi, tetapi juga meningkatkan nilai ekspor pertanian.

Mirza mengaku sejak Andi Amran Sulaiman memimpin Kementerian Pertanian selama hampir lima tahun belakangan, pembangunan sektor pertanian mengalami perubahan yang membanggakan, program yang dijalankan Kementerian Pertanian (Kementan) terbukti memacu peningkatan volume ekspor dan kesejahteraan petani.

"Agar capaian ekspor sektor pertanian ini ke depannya terus meningkat dan bertambahnya jenis komoditas yang diekspor, semua komponen harus mendukung program pertanian era saat ini, saya dukung kebijakan – kebijakan pembangunan pertanian saat ini," tutur Mirza.

BACA JUGA: Ekspor Produk Kelapa meningkat ke Eropa dan Amerika

Pada beberapa kesempatan, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, menyampaikan produksi dan capaian ekspor sektor pertanian dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan peningkatan signifikan. Pada 2015, nilai ekspor pertanian sebesar Rp 403,8 triliun. Nilainya meningkat tajam pada 2018, angkanya naik menjadi Rp 499,3 triliun.

"Ini bukti bahwa kepemimpinan Menteri Amran, sektor pertanian banyak mengalami peningkatan terutama pada eskpor produk pertanian. Padahal jika kita perhatikan sebelumnya ada El Nino (2015), La Nina (2016), tapi Kementerian Pertanian mampu keluar dari ujian. Ini semua tidak terlepas dari strategi yg dilakukan Kementerian Pertanian dalam kurun lima tahun ini serta kerja keras petani Indonesia," ujar Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kuntoro Boga Andri, Kamis (1/8).

BACA JUGA: Kementan Minta Distan di Daerah Tolak Izin Alih Fungsi Lahan Pertanian Abadi

Kuntoro menyebutkan kebijakan Kementan butuh didukung oleh semua pihak, terutama dalam mengakselerasi ekspor. Menurutnya, Kementan saat ini fokus menggenjot ekspor pertanian, untuk kesejahteraan petani dan meningkatkan neraca perdagangan.

Ketua Komite II DPD RI M. Aji Mirza Wardana menilai kinerja positif ekspor pertanian selama empat tahun terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News