JPNN.com

Kemarau Panjang, Stok Beras Aman dan Harga Stabil

Kamis, 17 Oktober 2019 – 18:26 WIB Kemarau Panjang, Stok Beras Aman dan Harga Stabil - JPNN.com
Mentan Amran inspeksi langsung stok beras di Gudang Beras Bulog. Foto dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kondisi stok gudang Bulog yang penuh dalam beberapa bulan terakhir ini, diyakini Kementerian Pertanian karena membaiknya produksi beras tanah air.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri menyampaikan stok beras di Bulog dan masyarakat dalam kondisi sangat aman.

"Kementan pastikan beras aman meski kemarau tahun ini cukup panjang. Stok beras gudang Bulog diatas 2,3 juta ton," kata Kuntoro

Kuntoro menambahkan kondisi beras di pasar pun stoknya sangat aman. Khusus stok beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) sebagai barometer perdagangan beras nasional tanggal 16 Oktober 2019 aman, mencapai 52.118 ton, jauh di atas stok normal 25-30 ribu ton.

Bahkan harga beras medium stabil Rp 8.650/kg, dan beras premium sebagian stabil pada harga Rp 9.775/Kg-Rp 13.575/Kg, kecuali IR-42 turun 0,23% Rp 11.000/Kg.

Sebelumnya sebagaimana diberitakan, Direktur Utama Bulog Budi Waseso menyatakan tidak bisa mencapai target penyerapan beras petani sebanyak 1,8 juta ton pada tahun ini.

Perusahaan negara itu sengaja tidak memenuhi target karena pasokan di gudang masih cukup berlimpah.

Buwas menjelaskan target itu sejatinya sengaja tidak dicapai karena pasokan di gudang perusahaan masih sekitar 2,3 juta ton.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...