Kemarau, Ratusan Hektar Lahan Terancam Gagal Panen

Kemarau, Ratusan Hektar Lahan Terancam Gagal Panen
Kemarau, Ratusan Hektar Lahan Terancam Gagal Panen
BOGOR –  Musim kemarau yang berkepanjangan tak hanya merenggut jiwa Wati (12), warga Pasar Rebo RT 04/02, Desa Bojong, Kecamatan Tenjo. Tapi juga mulai mengancam kelangsungan hidup warga Kabupaten Bogor.

Sudah lebih dari dua bulan, cadangan air bersih sumur warga kering kerontang. Akibatnya, warga harus rela mengeluarkan ongkos puluhan ribu rupiah guna membayar jasa angkutan untuk mengambil air sungai yang jaraknya lebih dari satu kilometer.

Sri Sumarni (28), warga Kampung Ciater Reli RT 04/07, Desa Cipinang, Kecamatan Rumpin, tak tahu harus mengadu ke siapa lagi terkait masalah kekeringan yang dihadapinya. Saat ini, ibu dua anak itu harus mengeluarkan ongkos  Rp5.000/hari untuk membayar jasa ojek yang membawa empat jeriken air dari Sungai Panjang yang berjarak sekitar satu kilometer dari perkampungan.

“Sungai cuma bisa digunakan untuk mandi dan mencuci, untuk minum dan masak kami harus membeli di depot isi ulang air mineral,” ujarnya. Adapun biaya isi ulang, sambungnya, yakni Rp3.500 per galon. Sri mengaku, membutuhkan tiga galon air mineral utuk satu minggu atau  Rp10.500. Total biaya yang ia butuhkan untuk kebutuhan air per minggu mencapai Rp45.500.

BOGOR –  Musim kemarau yang berkepanjangan tak hanya merenggut jiwa Wati (12), warga Pasar Rebo RT 04/02, Desa Bojong, Kecamatan Tenjo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News