JPNN.com

Kembali Akrab Usai Kongres Partai Komunis

Kamis, 02 November 2017 – 23:56 WIB Kembali Akrab Usai Kongres Partai Komunis - JPNN.com

jpnn.com, BEIJING - Presiden China Xi Jinping mengirimkan pesan khusus kepada pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pekan ini.

Dalam surat resminya tertanggal 1 November 2017, Xi membalas ucapan selamat yang sebelumnya diberikan oleh Kim Jong Un pascaditutupnya Kongres Partai Komunis China. Kongres tersebut memberikan mandat kepada Xi untuk kembali memimpin Tiongkok.

"Saya berharap bahwa di bawah situasi baru, pihak China akan melakukan upaya dengan pihak Korea Utara untuk mempromosikan hubungan antara kedua belah pihak dan kedua negara terhadap kesehatan yang berkelanjutan dan pembangunan yang stabil," kata Xi.

Dalam catatan sebelumnya, Kim telah memberikan ucapan selamat yang tulus kepada Xi dan mengungkapkan keyakinannya bahwa hubungan mereka akan berkembang demi kepentingan rakyat kedua negara.

Analis mengatakan bahwa berbalas pesan tersebut merupakan hal yang jarang terjadi di bawah kepemimpinan saat ini.

Profesor Yang Moo-Jin dari Universitas Korea Utara Studies di Seoul mengatakan bahwa pertukaran pesan secara umum memberi sinyal kemauan pada kedua belah pihak untuk memperbaiki hubungan.

"Fakta bahwa kedua belah pihak dengan cepat membalas surat dan mengumumkannya mengandung makna simbolis," kata Yang kepada AFP.

"Jika pesannya lebih intim, kami bisa mengharapkan pencairan ikatan lebih cepat," tambahnya,

Sumber RMOL.co

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...