Kembangkan Energi Bersih Berkelanjutan, PLN Bersinergi dengan WWF

Kembangkan Energi Bersih Berkelanjutan, PLN Bersinergi dengan WWF
PLN bekerjasama dengan Yayasan WWF Indonesia. Foto dok PLN

jpnn.com, JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mewujudkan komitmennya dalam mendorong transisi energi melalui kerja sama bersama sejumlah pihak.

Salah satunya yakni kerja sama dalam side event Forum G20 adalah perjanjian strategis dengan Yayasan WWF Indonesia

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan dalam mencapai target Carbon Neutral 2060, perlu langkah cepat dan masif yang dilakukan PLN.

Dalam menjalankan proyek energi bersih tersebut PLN sebagai perusahaan global juga perlu memenuhi standar sosial dan lingkungan berkelanjutan yang sesuai dengan Sustainable Development Goals (SDG's).

"Kami menggandeng WWF untuk bisa mengembangkan standar lingkungan dan sosial untuk proyek infrastruktur energi terbarukan, yang sejalan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan," ujar Darmawan.

Darmawan menjelaskan PLN menargetkan pengembangan 20,9 GW pembangkit listrik berbasis energi terbarukan seperti tenaga air, bayu, surya, dan panas bumi.

"Adanya kerja sama ini, dapat memperkuat sistem manajemen dan kebijakan pada perlindungan lingkungan sosial di PLN sehingga dampak terhadap lingkungan dan sosial dapat dihindari, diminimalisir, dan dimitigasi," ujar Darmawan.

Dalam mewujudkan target carbon neutral, PLN sudah menerbitkan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) Hijau.

Kerja sama PLN dan WWF untuk memastikan pengembangan pembangkit energi terbarukan juga memenuhi standar sosial dan lingkungan berkelanjutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News