Kembangkan Potensi UMKM di Daerah, Bea Cukai Bersinergi dengan Pemda

Kembangkan Potensi UMKM di Daerah, Bea Cukai Bersinergi dengan Pemda
Petugas Bea Cukai Banjarmasin memberikan paparan pada kegiatan FGD Produk UMKM Unggulan Potensi Ekspor yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Selatan. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai bersinergi dengan instansi daerah dalam memberdayakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pemberdayaan tersebut dilaksanakan melalui pelatihan ekspor dan sosialisasi ketentuan kepabeanan yang diadakan beberapa kantor Bea Cukai di daerah.

Bea Cukai Lampung menjadi narasumber pada pelatihan prosedur pelaksanaan ekspor produk bagi pegiat UMKM yang diselenggarakan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung.

Dalam pemaparannya, tim Bea Cukai Bandar Lampung memaparkan materi persiapan dan proses pengiriman barang ekspor LCL dan FCL dengan biaya terjangkau.

Selain itu juga disampaikan materi terkait dokumen ekspor dan pemuatan barang ekspor ke dalam peti kemas.

Masih di wilayah Sumatra, Bea Cukai Tanjungpandan menberikan asistensi kepada para pelaku UMKM agar bisa ekspor.

Bea Cukai Tanjungpandan terus mendukung pemerintah daerah dalam hal ini berkolaborasi dengan Pemda Belitung Timur memacu pelaku usaha untuk naik kelas, dan para pelaku UMKM dapat menembus pasar global melalui ekspor

Di wilayah Sulawesi Selatan, Bea Cukai Makassar menjadi pemateri dalam sosialisasi pembinaan pelaku usaha ekspor yang diadakan Pemkab Maros.

Bea Cukai bersinergi dengan pemda untuk menggali dan mengembangkan potensi UMKM di daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News