Kemdiknas Disebut Membiarkan BOS Dikorupsi

Kemdiknas Disebut Membiarkan BOS Dikorupsi
Kemdiknas Disebut Membiarkan BOS Dikorupsi
JAKARTA - Maraknya penyelewangan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) saat ini, menurut Indonesia Corruption Watch (ICW), adalah juga karena Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) sengaja membiarkan dana BOS tersebut dikorupsi, dengan ketiadaan sanksi dan menyalurkan dana tanpa perencanaan.

Koordinator Monitoring Pelayanan Publik ICW, Ade Irawan mengatakan, dalam hal inakuntabilitas dan buruknya transparansi, bukan sekolah yang harus dipersalahkan. "Namun sebaliknya, Kemdiknas-lah yang seharusnya dimintai pertanggungjawaban selaku pemberi dana bantuan tersebut," terang Ade, ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Selasa (10/8).

Seharusnya, tambah Ade, sebelum dana bantuan itu disalurkan, Kemdiknas meminta setiap sekolah yang akan dibantu untuk membuat susunan anggaran kebutuhan. Selanjutnya, susunan tersebut dievaluasi oleh pemerintah. Jika realistis, maka permintaan anggaran dari sekolah itu akan berlanjut dengan penggelontoran dana, sesuai dengan kebutuhan.

"Sekolah membuat program, (lalu) baru diketahui berapa dana untuk program itu. Kalau sekarang, dana dulu yang diturunkan, baru dana itu di-setting sedemikian rupa dan terlihat dicukup-cukupi untuk program itu," ujarnya.

JAKARTA - Maraknya penyelewangan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) saat ini, menurut Indonesia Corruption Watch (ICW), adalah juga karena Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News