Kemdiknas Rilis Buku Presiden RI

Kemdiknas Rilis Buku Presiden RI
Kemdiknas Rilis Buku Presiden RI
JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan pihaknya telah merencanakan untuk membuat buku yang menceritakan atau membahas mengenai semua tokoh yang pernah menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Buku tersebut nantinya termasuk dalam kategori buku pengayaan dan merupakan paket buku wajib yang akan disebarluaskan ke seluruh sekolah di Indonesia.

"Kami (Kemdiknas) telah berencana untuk menyusun buku pengayaan yang membahas mengenai tokoh-tokoh yang pernah menjadi Presiden dan Wakil Presiden di Indonesia. Mengapa hal ini kami lakukan? Karena kami ingin menghilangkan stigma diskriminasi di masyarakat yang beropini pemerintah tidak memberi perhatian terhadap presiden dan wakil presiden lainnya," ungkap Nuh ketika ditemui usai Raker bersama Komisi X DPR RI, Jakarta, Rabu (2/3).

Mengenai rencana ini, Nuh mengungkapkan jika pihaknya akan bekerjasama dengan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) untuk menjaring penulis dan menyeleksi judul buku yang dianggap memenuhi persyaratan. "Nanti semuanya akan seleksi, siapa penulis yang pantas untuk menulis mengenai tokoh-tokoh semua Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Itu semua nanti kewenangan  Puskurbuk," ujarnya.

Sebelumnya, buku-buku seri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang telah beredar di  sekolah-sekolah, Nuh menyatakan bahwa hal tersebut adalah murni diajukan penerbit dan bukan atas dasar titipan atau sebagainya. Dikatakan, Kemdiknas memberikan  kebebasan kepada penerbit untuk mengajukan buku yang hendak dinilai kelayakannya. Penilaian dilakukan oleh tim independen melalui proses evaluasi. Setelah ditetapkan layak, buku tersebut  dapat dimanfaatkan sebagai buku pengayaan di sekolah.

JAKARTA - Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengatakan pihaknya telah merencanakan untuk membuat buku yang menceritakan atau membahas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News