Kemen PU Pede Jalur Mudik Sudah Oke

Kemen PU Pede Jalur Mudik Sudah Oke
Kemen PU Pede Jalur Mudik Sudah Oke

jpnn.com - KEMENTERIAN Pekerjaan Umum (Kemen PU) dan pihak-pihak terkait terus mempersiapkan jalur-jalur mudik di beberapa titik. Hari ini (11/7), kementerian tersebut mengumumkan bahwa jalur jalan raya di lintas selatan, penghubung lintas utara-selatan, serta jalur pantai utara (pantura) telah siap dilewati oleh para pemudik.

"Kami berharap agar kondisi ini dapat menjadi lebih baik selama arus mudik lebaran, karena truk tidak beroperasi dan hanya kendaraan-kendaraan kecil yang lewat," kata Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum Taufik Widjoyono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Menurut Taufik, kondisi jalur mudik di lintas selatan telah baik dengan kecepatan waktu tempuh rata-rata 60 kilometer per jam. Tak hanya itu, dia mengatakan ada beberapa jalan yang kondisinya bagus sehingga bisa digunakan sebagai jalur alternatif dari lintas selatan jalur nasional.

Pemantauan terhadap Jalur Penghubung Lintas Utara-Selatan Jateng serta Lintas Selatan Jateng itu dilakukan dengan menyusuri jalan dari Tegal-Purwokerto-Yogyakarta-Magelang-Ambharawa-Semarang.

Sedangkan terkait potensi macet di sejumlah titik pasar tumpah di kota sepanjang jalur tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum berkoordinasi dengan pemda untuk pengaturan pasar tersebut.

Sementara untuk jalur Pantura Jawa Tengah dari Semarang-Pekalongan-Tegal-Brebes secara umum juga dinilai dalam kondisi baik untuk dilewati oleh para pemudik pada lebaran tahun ini. 

"Kalau dilihat secara umum jalan lintas dari Semarang-Tegal-Kali Jaga bisa dilewati dengan baik meskipun teman-teman Satker harus memastikan bahwa kerusakan-kerusakan kecil agar bisa ditangani dengan segera," kata Taufik. (ant/ma/mas)

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum (Kemen PU) dan pihak-pihak terkait terus mempersiapkan jalur-jalur mudik di beberapa titik. Hari ini (11/7), kementerian


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News