Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Zulhijah 11 Agustus

Kemenag Gelar Sidang Isbat Awal Zulhijah 11 Agustus
Memantau Hilal. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sidang isbat (penetapan) awal Zulhijah 1439 H akan dilaksanakan pada 11 Agustus mendatang. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) mengungkapkan, Kementerian Agama (Kemenag) berkewajiban melangsungkan sidang isbat sebanyak tiga kali dalam setahun, yaitu penetapan awal bulan Ramadan, Syawal dan Zulhijah.

Pelaksanaan sidang isbat ini juga merupakan amanah Fatwa MUI Nomor 2 tahun 2004. "Sidang isbat perlu dilakukan untuk menentukan awal bulan, karena pada ketiga bulan tersebut umat muslim menjalankan ibadah-ibadahnya," ujar Juraidi, Senin (30/7).

Penetapan awal Ramadan misalnya, dibutuhkan untuk menentukan kapan umat muslim mulai berpuasa. Penetapan awal Syawal dibutuhkan untuk menentukan kapan umat muslim melakukan salat Idulfitri. Sedangkan untuk Zulhijah, sidang isbat dibutuhkan untuk menentukan pelaksanaan Iduladha.

Selain itu, di bulan Zulhijah ini ada beberapa ibadah sunah yang biasa dikerjakan oleh umat muslim. Pada 9 Zulhijah, umat muslim yang melaksanakan haji melakukan wukuf di Arafah.

"Di tanah air umat muslim melaksanakan puasa sunah Arafah. Selain itu ada juga ibadah kurban yang dilakukan pada 10 - 13 Zulhijah," tuturnya. (esy/jpnn)


Sidang isbat (penetapan) awal Zulhijah 1439 H akan dilaksanakan pada 11 Agustus mendatang


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News