Kemenag Prioritaskan Jamaah Lanjut Usia

Untuk Mengisi Kursi Haji yang Tak Terserap

Kemenag Prioritaskan Jamaah Lanjut Usia
Kemenag Prioritaskan Jamaah Lanjut Usia
JAKARTA - Setiap tahun selalu saja ada kursi haji yang tidak terserap. Nah, untuk mengisinya, Kementerian Agama (Kemenag) memberikan prioritas untuk jamaah lanjut usia. Kebijakan ini akan dipertahankan meski fakta di lapangan menunjukkan bahwa mayoritas jamaah yang meninggal di tanah suci berusia lanjut.

"Di tengah atrean yang panjang, jamaah haji usia lanjut akan kami prioritaskan untuk mengisi kursi yang tidak terserap tahun depan," kata Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar di Jakarta, Minggu (28/10).

     

Nasaruddin mengatakan, pilihan yang dihadapi Kemenag saat ini adalah memprioritaskan keberangkatan calon jamaah haji tua atau membiarkan mereka menunggu atrean yang panjang. "Hasil kajian kami, mereka harus diprioritaskan. Tidak bisa dibiarkan menunggu antrean sebagaimana mestinya," katanya.

Terkait dengan rIsiko meninggal, jalan satu-satunya adalah memperketat pengecekan kesehatan sebelum berangkat. Harapannya, jamaah haji usia lanjut dengan tingkat penyakit kronis akan memiliki penanganan khusus. Upaya lainnya adalah peningkatan pengawasan dan pelayanan kesehatan selama di Arab Saudi.

     

JAKARTA - Setiap tahun selalu saja ada kursi haji yang tidak terserap. Nah, untuk mengisinya, Kementerian Agama (Kemenag) memberikan prioritas untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News