Kemnaker Bidik Kebangkitan Ekonomi Lewat Penyiapan SDM Kompeten

Kemnaker Bidik Kebangkitan Ekonomi Lewat Penyiapan SDM Kompeten
Penyiapan SDM kompeten yang mampu menghadapi segala perkembangan zaman, menjadi suatu keharusan. Ilustrasi tenaga kerja. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Penyiapan SDM kompeten yang mampu menghadapi segala perkembangan zaman, menjadi suatu keharusan.

Pasalnya, di era Revolusi Industri 4.0 berbagai bidang mengalami perubahan, hal itu juga terjadi pada sektor ketenagakerjaan.

Direktur Jendral Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja (Binapenta dan PKK) Kemnaker Suhartono mengatakan terobosan pengembangan diprioritaskan dalam rangka mengelola dan mengoptimalkan potensi kreatif SDM.

"Yakni generasi millenial dan zelennial menjadi tenaga kerja muda yang siap menjemput future job yang semakin dinamis dan fleksibel," kata Suhartono.

Menurut Suhartono, upaya untuk mewujudkan peningkatan keterampilan dan kreatifitas anak muda pun menjadi fokus pemerintah.

Salah satunya, kata dia, melalui pelaksanaan program pelatihan siap kerja dan penempatan kerja kemitraan "Muda Bangun Negeri".

Program yang dijalankan di lima kota itu, yakni Medan, Semarang, Mojokerto, Palu, dan Jayapura itu bertujuan memfasilitasi pengembangan softskill tenaga kerja muda & perempuan secara intensif.

"Dijalankan pula penempatan kerja kemitraan, sebagai upaya mempercepat kebangkitan tenaga kerja dan ekosistem ekonomi lokal dengan lebih mandiri," jelas dia.

Penyiapan SDM kompeten yang mampu menghadapi segala perkembangan zaman, menjadi suatu keharusan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News