Kemenakertrans Akan Tarik 10.750 Pekerja Anak

Kemenakertrans Akan Tarik 10.750 Pekerja Anak
Kemenakertrans Akan Tarik 10.750 Pekerja Anak
JAKARTA- Jumlah pekerja anak terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2011, terdapat 2,5 juta pekerja anak di seluruh Indonesia yang tidak bisa menikmati pendidikan karena harus bekerja. Untuk mengurangi jumlah pekerja anak, tahun ini pemerintah menargetkan menarik 10.750 pekerja anak di 84 Kabupaten/Kota di 21 provinsi.

Penarikan pekerja anak tersebut untuk mendukung program kerja Pengurangan Pekerja Anak dalam rangka mendukung Program Keluarga Harapan (PPA-PKH) 2012.  "Para pekerja anak itu nantinya akan dikembalikan pendidikan,"jelas Muhaimin ketika mengunjungi Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, kemarin (29/3).

Muhaimin menuturkan, berdasarkan target tersebut, pemerintah berharap keseluruhan pekerja anak tersebut bisa kembali melanjutkan sekolah 100 persen. Untuk menampung para pekerja anak putus sekolah, tahun ini pihaknya bekerjasama dengan Kemendikbud membangun sekolah khusus. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari larangan bahwa anak-anak tidak boleh kembali lagi bekerja.

"Semua anak dalam usia anak, tidak boleh bekerja, melainkan harus sekolah. Para Orang tua tidak boleh memaksakan anaknya"untuk bekerja sebagai pekerja anak. Orangtua harus tahu bahwa dalam UU perlindungan anak, tidak boleh anak bekerja," ujar Muhaimin.

JAKARTA- Jumlah pekerja anak terus meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2011, terdapat 2,5 juta pekerja anak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News