Hemat Energi, Tirulah Chavez

Hemat Energi, Tirulah Chavez
Hemat Energi, Tirulah Chavez
JAKARTA - Indonesia perlu meniru strategi penghematan energi yang dilakukan Republik Venezuela. Sebab, negeri ini punya strategi khusus dalam perubahan industri energi atas gagasan presidennya melalui proyek industri migas.

’’Presiden Chavez telah membawa perubahan besar dalam industri migas di Venezuela melalui proyek Simon Bolivarian yang digagaskan pada 1999. Terdapat tujuh haluan strategis dalam proyek tersebut salah satunya strategi  perubahan industri energi,’’ ucap Ketua Partai Persatuan Sosialis Venezuela (PPSUV) yang dipimpin Asdrubal Adrian Colina Soto pada kunjungan delegasi dengan Ketua DPD RI Irman  Gusman di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (29/3).

Venezuela, dulunya dikenal sebagai negara yang kekayaan alamnya dieksploitasi. Namun sejak kehadiran Presiden Chavez, semuanya berubah. Satu tahun terakhir pemerintah memberlakukan UU penggunaan rasional dan efisiensi sumber daya energi. Sebuah kebijakan yang diterapkan tidak lagi pada pembatasan energi, tapi lebih kepada membangun kesadaran dan budaya hemat energi.

’’Ini agar masyarakat Venezuela menyadari bahwa energi yang tidak terbaharukan tersebut dapat terus bertahan sampai generasi mendatang,’’ tegas Asdrubal.

JAKARTA - Indonesia perlu meniru strategi penghematan energi yang dilakukan Republik Venezuela. Sebab, negeri ini punya strategi khusus dalam perubahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News