Kemenakertrans Kembangkan KTM di Aceh

Kemenakertrans Kembangkan KTM di Aceh
Kemenakertrans Kembangkan KTM di Aceh
JAKARTA – Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) mulai mengembangkan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam sebagai kawasan transmigrasi baru. Untuk rancangan program 2012, terdapat enam kabupaten dan kota, yaitu Pidie, Bener Meriah, Aceh Barat, Simeulue, Subulussalam, dan Gayo Lues yang telah mengajukan diri.

Usulan pembangunan dan pengembangan Kota Terpadu Mandiri (KTM) di kawasan transmigrasi ini di antaranya telah diajukan untuk kawasan Samar Kilang dan Pitue Rimeu di Kab Bener Meriah, yang  saat ini dalam tahap studi kelayakan pembangunan perkebunan tebu dan pabrik gula serta bio energi.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan, mengatakan, pembangunan transmigrasi di Aceh harus berbasis kawasan. Nantinya daerah-daerah tersebut akan diarahkan pada terbentuknya pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru atau mendukung pusat-pusat pertumbuhan yang sudah ada atau yang sedang berkembang.

"Pelaksanaan pembangunan transmigrasi diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi transmigran dan masyarakat sekitar yang bermukim di kawasan transmigrasi. Selain itu, program transmigrasi diharapkan dapat meningkatkan dan mempercepat pemerataan kesejahteraan masyarakat transmigran serta masyarakat yang bermukim di sekitar kawasan transmigrasi," kata Muhaimin di Jakarta, Selasa (12/7).

JAKARTA – Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) mulai mengembangkan Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam sebagai kawasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News