Tiga Pendatang Baru Lawan Arus

Tiga Pendatang Baru Lawan Arus
Tiga Pendatang Baru Lawan Arus
JAKARTA - Debut tiga emiten pendatang baru berlangsung sukses. Itu setelah dalam hajatan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) melawan sentimen negatif market. Ketiga emiten debutan itu masing-masing PT Indo Straits Tbk (PTIS), PT Sidomulyo Selaras Tbk (SDMU) dan PT Alkindo Naratama Tbk (ALDO).

Sepanjang perdagangan, ALDO tercatat bergerak paling impresif. ALDO mengalami lonjakan paling signifikan yaitu naik 25 poin (11,11 persen) ke posisi Rp 250 per lembar saham. Posisi berikutnya dihuni SDMU yang meroket 15 poin (6,67 persen) ke level Rp 240 dan, disusul kemudian PTIS mengalami kenaikan 50 poin (5,26 persen) menjadi Rp 1.000. “Meski pasar terkoreksi, investor justru mengambil opsi mengoleksi saham tiga emiten. Efeknya, pergerakannya tetap positif,” tutur Viviet S Putri, analis PT Anugerah Securindo Indah, di Jakarta, Selasa (12/7).

Viviet menyebut investor yang membeli saham tiga emiten itu telah mengenal rekam jejak emiten dengan baik. Dengan begitu, para pelaku pasar tidak tergoda melepas meski kondisi pasar tidak kondusif. Meski harus diakui secara sektoral emiten-emiten itu sejatinya tidak terlalu baik. ”Selain itu, jumlah emisi yang dilepas ketiganya tidak terlalu besar,” imbuhnya.

Berdasarkan data IPO, jumlah emisi yang diterbitkan ketiga emiten itu relatif kecil yaitu senilai Rp 182,075 miliar. Di mana Indo Straits melepas sebanyak 100 juta lembar saham (18,18 persen) pada harga Rp 950 atau senilai total Rp 95 miliar, Sidomulyo Selaras melempar 237 juta lembar saham (30 persen) dengan banderol Rp 225 atau senilai total Rp 53,325 miliar dan, Alkindo Naratama menjajakan 150 juta lembar saham (27,27 persen) dengan harga Rp 225 atau senilai total Rp 33,75 miliar. “Mungkin dalam 2-3 hari ke depan masih akan naik,” ucapnya.

JAKARTA - Debut tiga emiten pendatang baru berlangsung sukses. Itu setelah dalam hajatan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News