Kemendag Cegah Monopoli Importir Ponsel

Kemendag Cegah Monopoli Importir Ponsel
Kemendag Cegah Monopoli Importir Ponsel
JAKARTA--Kementerian Perdagangan terus berupaya meminimalisir serbuan ponsel impor. Selain memperketat aturan bagi para importir, kini kementerian yang dipimpin Gita Wirjawan itu juga meminimalisir peran importir agar tidak menguasai semua jalur distribusi.

"Mereka (importir) harus menunjuk tiga distributor untuk memasarkan produk yang mereka datangkan," kata Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Deddy Saleh.

Deddy menerangkan, tujuan penunjukan distributor itu adalah mencegah praktek monopoli agar importir tidak menguasai semua jalur distribusi. Sebab, importir tidak lagi bisa langsung menjual ke ritel, tapi harus melalui distributor

Kata Deddy aturan baru ini membuat banyak importir keberatan atas pembatasan tersebut dan menginginkan tidak ada batasan tersebut. "Tapi memiliki alasan yang kuat untuk tetap menerapkan aturan ini. Ini adalah untuk melindungi konsumen," kata Deddy.

JAKARTA--Kementerian Perdagangan terus berupaya meminimalisir serbuan ponsel impor. Selain memperketat aturan bagi para importir, kini kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News