JPNN.com

Kemendag dan Google Indonesia Luncurkan Program Dukung UMKM Indonesia Timur

Jumat, 23 April 2021 – 14:21 WIB
Kemendag dan Google Indonesia Luncurkan Program Dukung UMKM Indonesia Timur - JPNN.com
Kemendag menyampaikan dukungannya pada UMKM lewat program bersama Google Indonesia. Ilustrasi : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan bersama Google Indonesia meluncurkan program “Dukung UMKM Indonesia Timur” secara daring.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyatakan program tersebut sebagai upaya menyiapkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia agar menjadi profesional dan kompeten dalam penggunaan teknologi digital.

“Tidak hanya di pasar domestik, tetapi juga dapat memperluas pasar UMKM hingga dapat merambah pasar ekspor global,” ujar Lutfi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat (23/4).

Program tersebut mengusung tema “Dukung UMKM Indonesia Timur: Memeratakan Pertumbuhan Ekonomi Melalui Teknologi Digital”.

Mendag memaparkan, UMKM merupakan pilar penting dalam perekonomian Indonesia yang berkontribusi sebesar 60 persen pada pendapatan domestik bruto (PDB) nasional dan menyerap hingga 97 persen tenaga kerja.

Akan tetapi, pemanfaatan digital oleh UMKM masih sangat rendah, terlebih di wilayah timur Indonesia.

Nilai transaksi ekonomi digital di Indonesia diperkirakan akan mencapai Rp 4.434 triliun pada 2030 atau setara dengan 16 persen nilai produk domestik bruto.

“Peluang ini perlu dimanfaatkan sebaik- baiknya agar UMKM manapun, khususnya di Indonesia Timur, mampu melewati pandemi Covid-19 dan mengembangkan usahanya hingga ke pasar global,” kata Mendag.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...