Kemendag Menargetkan Digitalisasi 1.000 Pasar Rakyat dan Satu Juta UMKM, Kapan?

Kemendag Menargetkan Digitalisasi 1.000 Pasar Rakyat dan Satu Juta UMKM, Kapan?
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) menargetkan percepatan digitalisasi 1.000 pasar rakyat dan satu juta pedagang UMKM. Ilustrasi foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) menargetkan percepatan digitalisasi 1.000 pasar rakyat dan satu juta pedagang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia pada 2022-2024.

Menurutnya, pasar rakyat harus memiliki lokapasar (marketplace) dan platform untuk bersiap menuju era digital.

"Jangan sampai digitalisasi pasar ini berimbas pada tutupnya pasar konvensional. Artinya, ekosistem daring dibangun dan ekosistem luring dikembangkan," ujar Mendag, Senin (18/7).

Oleh karena itu, Zulhas menetapkan kebijakan agar Kemendag bekerja sama dan berkolaborasi nyata dalam penerapan digitalisasi di pasar rakyat dan pelaku UMKM.

Adapun di antaranya berbagai pemangku kepentingan seperti Bank Indonesia melalui program transaksi nontunai Sehat, Inovatif, Aman, Pakai (SIAP) Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS),  pemanfaatan lokapasar melalui Tokopedia.

Kemudian, pemanfaatan ride hailing melalui Grab, penerapan situs web pasar, informasi harga dan pencatatan omzet pasar melalui Sistem Informasi Sarana Perdagangan (SISP), penerapan informasi harga barang kebutuhan pokok melalui Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP), dan penerapan pembayaran retribusi secara elektronik baik melalui perbankan daerah maupun nasional.

“Saya berharap digitalisasi perdagangan yang dilakukan di pasar rakyat dan UMKM menjadi salah satu upaya untuk akselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang maju dan inklusif," kata Mendag.

Zulhas mengatakan dengan jumlah lebih dari 64 juta, UMKM Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengakselerasi transformasi digital sektor perdagangan dan memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) menargetkan percepatan digitalisasi 1.000 pasar rakyat dan satu juta pedagang UMKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News