Kemendagri Minta Daerah Tetap Berinovasi Menghadapi Pandemi Covid-19

Kemendagri Minta Daerah Tetap Berinovasi Menghadapi Pandemi Covid-19
Webinar nasional Kemendagri bahas upaya daerah berinovasi dalam penanganan Covid-19 pada Rabu (3/6). Foto: dok Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (BPP Kemendagri), menggelar webinar nasional bahas upaya daerah berinovasi dalam penanganan Covid-19 pada Rabu (3/6).

Narasumber yang hadir di antaranya, Dirjen Penguatan Inovasi Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN), Dr. Jumain Appe, Gubernur Bangka Belitung, Dr. H. Erzaldi Rosman, Bupati Banyuwangi, Azwar Anas, Kepala Bappeda Kota Bogor, Drs. Hanafi, Bupati Banggai, Ir. H. Herwin Yatim.

Webinar dibuka oleh Plt. Kepala BPP Kemendagri, Dr. Drs. Agus Fatoni yang juga sekaligus sebagai keynote speaker.

Fatoni menuturkan, penanganan pandemi memerlukan kebersamaan. Kemendagri terus berupaya mendorong daerah agar berinovasi dalam menghadapi Covid-19, melalui sejumlah kebijakan.

Fatoni menekankan, daerah perlu melakukan inovasi mengingat pandemi telah mengubah banyak aspek kehidupan.

Karenanya, berbagai bentuk adaptasi perlu dipersiapkan daerah. Menurutnya, pandemi perlu dilihat dari berbagai aspek sehingga penanganan dapat berjalan baik.

“Dalam perspektif inovasi, Covid-19 justru akan menjadi pemicu bagi kita semua termasuk daerah, untuk mengubah jalan kehidupan manusia secara menyeluruh,” ujarnya.

Oleh karenanya, lanjut Fatoni, kreativitas dan inovasi diperlukan.

Kemendagri terus berupaya mendorong daerah agar berinovasi dalam menghadapi Covid-19, melalui sejumlah kebijakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News