Kemendagri Minta Daerah Tingkatkan dan Budayakan Inovasi Pada 6 Area

Kemendagri Minta Daerah Tingkatkan dan Budayakan Inovasi Pada 6 Area
Kepala Badan Litbang Kemendagri Agus Fatoni. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Litbang Kemendagri Agus Fatoni mengatakan guna mendorong peningkatan inovasi, pemerintah daerah (pemda) perlu memfokuskan pada enam area inovasi.

"Pemerintah daerah diharapkan bisa lebih fokus pada enam area inovasi, yaitu inovasi administrasi pemerintahan, manajemen pemerintahan, inovasi kebijakan, frugal, teknologi, dan inovasi sosial," ungkap Fatoni secara virtual saat menjadi pembicara dalam acara Sosialisasi Indeks Inovasi Daerah Provinsi Aceh Tahun 2021, Kamis (15/7).

Dia menjelaskan pemda dapat menerapkan inovasi di bidang administrasi dengan mengadopsi cara baru dalam mengelola pemerintahan serta melakukan revolusi administrasi birokrasi secara akuntabel.

Selanjutnya, pemda juga dapat melahirkan inovasi di area manajemen, guna melakukan pembaruan prosedur dan birokrasi dalam upaya meningkatkan kinerja organisasi.

“Inovasi kebijakan dengan pendekatan yang lebih efisien, implementatif, dan dapat diadopsi berbagai pihak, juga perlu diterapkan pemerintah daerah,” katanya.

Fatoni menambahkan, peningkatan inovasi juga dapat dilaksanakan di area inovasi frugal. Terobosan tersebut memungkinkan pemda menciptakan inovasi produk dengan biaya lebih murah dibanding produk yang telah ada.

Langkah tersebut diyakini akan menunjang kinerja pemda lebih optimal, mengingat inovasi ini tidak membutuhkan sumber daya yang besar.

Dia mengungkapkan, di era digital seperti saat ini, penting bagi pemda untuk fokus juga pada area inovasi teknologi. Dalam inovasi tersebut, pemda dapat mengadopsi proses produksi yang inovatif melalui kegiatan penelitian dan pengembangan atau alih teknologi.

Kepala Badan Litbang Kemendagri Agus Fatoni mengatakan guna mendorong peningkatan inovasi, pemerintah daerah perlu memfokuskan pada enam area inovasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News